• Berita Terkini

    Jumat, 25 Maret 2016

    1.533 Siswa SD/MI Ikuti Try Out Ujian Sekolah

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dibanjiri siswa yang mengikuti uji coba (try out) Ujian Sekolah, baru-baru ini. Mereka yang berjumlah 1.533 siswa SD/MI itu antusias mempersiapkan ujian sekolah yang akan dilaksanakan 16 - 18 Mei 2016 mendatang.

    Mata pelajaran yang diuji cobakan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Menurut Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Imam Romzan Fauzi SThI, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian SMP Muhammadiyah 2 Kebumen sebagai salah satu pilar pendidikan di kabupaten berslogan Beriman ini. "Soal try out disusun bekerjasama dengan Bimbingan Belajar Ganesha Operation Kebumen   berdasarkan standar kompetenesi lulusan dan kisi-kisi ujian sekolah," katanya.

    Lebih lanjut, try out sangat penting. Selain bermanfaat bagi siswa sendiri,   juga bagi guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa.
    Dengan mengikuti try out, siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi Ujian Sekolah yang akan datang.

    Bagi guru, kata Imam, hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar  tambahan bagi siswa.

    Hasil try out pun menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa. Bagi pimpinan sekolah, try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten. Try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu anak belajar di rumah. Jika hasil try out yang diperoleh siswa tidak memuaskan, maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk kembali belajar. Dan jika hasil yang diperoleh anak belum memuaskan, maka orang tua dapat mengambil tindakan atau   strategi membimbing anak belajar di rumah.

    Wakil Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Akhmad Syauki SPd mengatakan, pelaksanaan tryout yang diikuti oleh 70 SD/MI yang terdiri atas 1.533 anak itu merupakan ke-3 kalinya. Ditambahkan Ketua Pelaksana Tryout Supriyanto SPd, dengan sistem pengawasan yang memadai, diharapkan hasil try out yang diraih siswa benar-benar akurat. "Sehingga akan memudahkan semua pihak  mengambil   sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan ujian sekolah," tutur Supriyanto.  Untuk lima besar peraih nilai terbaik tay out US tersebut yakni Ilham Mubarok dari SD 2 Kutosari, Fathiya Azka Awliya dari SD Muhammadiyah Kebumen, Arum Rahmatia dari SD 7 Kebumen, Adzrok Qonita dari SD Muhammadiyah Kebumen, dan Isna Muthoharotul dari SD 2 Tanahsari. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top