• Berita Terkini

    Thursday, February 25, 2016

    Wujudkan Transparansi, Tiap SKPD di Kebumen Wajib Pasang Papan Informasi Anggaran

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen tampaknya serius melakukan transparansi anggaran. Salah satunya dengan mewajibkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memasang papan informasi mengenai anggaran di masing-masing SKPD.

    Untuk memulainya, papan informasi anggaran telah bisa diakses masyarakat di halaman Sekretariat Daerah   (Setda) Kebumen.  Secara resmi papan informasi angggaran di lingkungan Setda Kebumen, itu diresmikan oleh Bupati HM Yahya Fuad. Yang didampingi oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, dan Sekda Adi Pandoyo. Hadir juga seluruh kepala SKPD di jajaran Pemkab Kebumen.

    Di papan pengumuman tersebut terpampang struktur anggaran Setda Kebumen. Seperti Bagian umum menjadi bagian yang mengelola anggaran terbesar di lingkungan (Setda) Pemkab Kebumen. Pada 2016, Bagian Umum mengelola anggaran APBD sebesar Rp 23,392 miliar lebih.

    Dengan rincian Rp 10,451 miliar untuk alokasi belanja tidak langsung dan Rp 12,941 miliar lebih untuk belanja langsung. Di posisi kedua, ditempati oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang mengelola anggaran mencapai Rp 3,115 miliar lebih. Disusul urutan ketiga, Bagian Humas dan Protokol sebesar Rp 2,5 miliar, Bagian Administrasi Pembangunan sebesar Rp 1,8 miliar.

    Selanjutnya secara berturut-turut, Bagian Hukum Rp 1,577 miliar lebih, Bagian Perekonomian Rp 1,520 miliar lebih, Bagian Tata Pemerintahan Rp 1,179 miliar lebih, dan Bagian Organisasi Rp 1,440 miliar. Sehingga total anggaran belanja yang bersumber dari APBD 2016 di lingkungan Setda Kebumen mencapai Rp 36,525 miliar lebih.
    Bupati HM Yahya Fuad mengatakan, papan informasi tersebut untuk menindaklanjuti slogan "No Upeti Ni Korupsi", saat kampanye dulu. Selain itu, dengan adanya papan informasi anggaran yang dikelola oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar transparansi anggaran bukan hanya sekedar menjadi slogan.

    "Salah satu yang paling mendasar adalah transparansi anggaran. Berkali kali saya tegaskan untuk menindaklanjuti tagline kami, bukan dengan teori tetapi yang dibutuhkan adalah proses keteladanan," tegas HM Yahya Fuad, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela peresmian papan informasi tersebut.

    Tak hanya itu, Yahya Fuad berharap dengan papan informasi itu masyarakat jadi mengetahui besaran anggaran yang dikelola olah masing-masing SKPD. "Sehingga akan ada pengawasan langsung dari semuanya," ujarnya.

    Nantinya, lanjut Yahya Fuad, pihaknya mewajibkan seluruh SKPD di jajaran Pemkab Kebumen memasang papan informasi anggaran yang dikelolanya. "Bukan hanya di sekretariat, tapi di semua SKPD wajib pasang ini," tandasnya.

    Sekda Adi Pandoyo, menambahkan saat ini baru di tiga perkantoran yang sudah memasang papan informasi anggaran. Yaitu, di lingkungan Setda Pemkab Kebumen, Kantor Bappeda, dan Kantor Dinas Pendapatan Pengolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Kebumen. "Seluruh SKPD wajib, yang dipapan informasi itu per SKPD per urusan," ucapnya. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top