• Berita Terkini

    Monday, February 22, 2016

    Peringati Hari Peduli Sampah, Pos Kebumen Berbagi Ceria dengan Tukang Sapu

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Dalam rangka memeringati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari sekaligus membangun Employee Engagement antar pegawai, Kantor Pos Kebumen menggelar aksi bersih-bersih di sejumlah sarana umum Kota Beriman. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (21/2/2016) itu, Kantor Pos juga berbagi dengan 25  tukang sapu.

    Kepala Kantor Pos Cabang Kebumen Dwi Budhiewibowo melalui Humas Kantor Pos Cabang Kebumen Syafri menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Pos Kebumen. Sebanyak 91 pegawai, melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah tempat antara lain, alun-alun Kebumen, tugu lawet, masjid Agung dan sejumlah jalan protokol.
    Dia mengatakan, terdapat tiga tujuan dari kegiatan tersebut. Diantaranya untuk meningkatkan hubungan yang erat diantara seluruh pegawai Pos melalui kegiatan yang melibatkan seluruh komponen di perusahaan (Employee Engagement), turut menyukseskan program Indonesia Bebas Sampah tahun 2020 melalui kegiatan membersihkan lingkungan (Sosial Impact) dan timbulnya empati terhadap para petugas kebersihan serta menyadari peran penting mereka dalam kehidupan sehari-hari.

    Lebih lanjut Syafri menjelaskan, jika kontribusi dan bakti dalam kegiatan itu, harus dimulai dari empati. Adapun tantangan yang harus diselesaikan diantaranya aksi bersih tanda peduli, memilih dan mendulang arti, barbagi senyum dan cerita pagi serta  silaturahmi dan membuka hati. “Implemetasinya kita  mengundang 25  tukang sapu,” tuturnya.

    Saat mengundang para tukang sapu tersebut lanjutnya, dilaksanakan makan bersama. Para tukang sapu juga disuruh berbagi cerita tentang suka dukanya dalam menggeluti profesinya.  Menurut Syafri, hingga kini para tukang sapu masih kerap di kucilkan oleh masyarakat, bahkan tidak sedikit orang tua yang melarang anaknya dekat dengan tukang sapu. “Jangan dekat-dekat dengan tukang sapu bau,” katanya Syafri menirukan kata-kata tukang sapu saat bercerita, sembari manambahkan padahal tukang sapu itulah yang setiap harinya telah membersihkan Kota Kebumen dari tumpukan sampah.

    Syafri menambahkan, dengan mengetahui keluh kesah mereka diharapkan akan menimbulkan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Minimal untuk para Pegawai Kantor Pos, mau membuang sampah pada tempatnya. “kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen dalam upaya mendapatkan penghargaan Adipura,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top