• Berita Terkini

    Rabu, 03 Februari 2016

    Mesin Diesel Wajib Bahan Bakar B20

    ILUSTRASI
    Gantikan Solar Murni, Per Liter Rp 5.650
    SLEMAN - Ketersediaan bahan bakar ramah lingkungan telah menjadi suatu kebutuhan di berbagai daerah, termasuk DIJ. Karena itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)  menjual bio solar 20 persen (B20).

    Bahan bakar kendaraan bermesin diesel tersebut diklaim ramah lingkungan karena  memiliki angka seana lebih tinggi dibanding minyak solar murni. B20 yang mengandung minyak nabati 20 persen menggantikan produk sejenis berlabel B10 yang lebih dulu beredar di pasaran.

    Engineers Fuel and Gas Research Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Nanang Hermawan mengklaim, B20 lebih menguntungkan bagi pemilik kendaraan karena mesin menjadi lebih berih.

    Selain itu, dalam skala besar pemanfaatan minyak nabati sebagai campuran solar memungkinkan Indonesia menjadi negara pengekspor bahan bakar. Bahan utama B20 berasal dari keanekaragaman hayati yang cukup melimpah di negeri ini. Sementara, produktivitas minyak bumi nasional berbahan energi fosil cenderung menurun.

    ”Paling banyak berasal dari minyak jarak atau sawit,” ujar Nanang disela sosialisasi penggunaan B20 di SPBU Ambarketawang, Gamping, kemarin (2/2).

    Kebijakan pemanfaatan biodiesel 20 persen tertuang dalam  Peraturan Menteri ESDM Nomor 32 Tahun 2008 yang telah diubah dengan Peraturan ESDM Nomor 12 Tahun 2015. Regulasi tersebut  mewajibkan pemakaian biodiesel bagi kendaraan bermotor pada 2016.

    ”Karena itu, mulai tahun ini setiap SPBU harus mengakomodasi penjualan B20. Tidak lagi (menjual) solar murni,” papar Nanang.

    Kepala Pertamina Wilayah DIJ Dodi Prasetyo menyatakan, B20 telah terdistribusi di seluruh SPBU se-Jogjakarta sejak Januari. Setiap hari, Pertamina menggelontor 500-800 kilo liter (KL).
    ”Jenisnya berubah dari B10 menjadi B20 tapi harganya tetap Rp 5.650 per liter,” ucapnya. (bhn/yog/ila)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top