• Berita Terkini

    Tuesday, February 23, 2016

    Ikan Louhan Ancam Populasi Ikan Lokal di Waduk Sempor

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Waduk Sempor harus “menanggung” anjloknya harga ikan hias jenis louhan pada tahun 2007 silam. Itu setelah banyak peternak ikan louhan memilih membuang ikan jenis tersebut ke waduk Sempor. Akibatnya, keberadaan ikan lokal kini terancam oleh ikan louhan yang merupakan jenis predator (pemangsa) itu.

    Salah satu warga sekitar waduk Sigit (35) mengatakan, banyak ditemukan ikan jenis louhan di Waduk Sempor saat ini. Adanya ikan jenis itu di waduk Sempor, katanya, dimungkinkan lantaran anjloknya harga louhan di tahun 2007. “Daripada merugi, banyak peternak ikan louhan banyak yang membuang ikan itu hidup-hidup ke Waduk Sempor. Dan akhirnya berkembang biak hingga saat ini,” katanya, Selasa (23/2/2016).

    Dengan banyaknya ikan louhan tersebut, maka populasi ikan lokal seperti nila dan ikan lainnya akan terganggu. Bahkan menurut informasi yang ia dapat, kini jenis ikan-ikan lokal sudah semakin berkurang di Waduk Sempor. “Banyak pemancing yang mengeluh sepi tangkapan ikan. Kini mereka malah sering mendapatkan ikan louhan,” tuturnya.

    Menurutnya, jika hal ini dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan habitat ikan lokal yang ada di Waduk Sempor akan tergantikan dengan ikan louhan. Adanya kegiatan penebaran benih ikan yang kerap dilakukan oleh beberapa lembaga dan instansi pemerintah,  akan menjadi hal yang sia-sia jika benih ikan tersebut hanya menja-
    di pakan bagi ikan louhan. “Kadang kita melihat ada penebaran benih ikan diwaduk, buat apa coba kalau itu hanya akan menjadi pakan ikan louhan,” katanya.


    Hal senada juga katakan salah satu pemancing Agus (30). Menurutnya ikan louhan yang kerap didapat berukuran sekitar empat jari. Ikan ini tidak laku dijual karena warnanya tidak bagus. Pemancing lebih senang saat mendapatkan ikan nila, lele, maupun gabus. “Ikan louhan yang laku kan yang warnanya bagus, di sini ikan
    louhan, namun warnanya kaya ikan nila,”katanya.

    Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Operasi dan Pemelihara SDA III Ir Evi Aeria Damiana melalui UPB Bendungan Sempor Darmaji ST membenarkan jika di Waduk Sempor banyak dijumpai ikan louhan. Pihaknya juga mengatakan jika hal ini patut untuk menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Daerah,terkait keberlangsungan ekosistem dan saat akan melakukan kegiatan penebaran benih ikan. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top