• Berita Terkini

    Wednesday, February 10, 2016

    HPN, UMP Gelar Kompetisi Stand Up Comedy

    AGUNG/EKSPRES
    PURWOREJO- Puluhan komika beradu lucu dalam Kompetisi Stand Up Comedy Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sinar Surya Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Ajang yang berlangsung pada Senin (8/2) dan Selasa (9/2) di Auditorium UMP tersebut dimenangkan oleh Gunawan Dwi
    Suprastyo, siswa kelas 10 TP2A SMK PN-2 Purworejo.

    Tampil sebagai juara 2 yakni Miftakhul Ilmy, siswa kelas 10 IPS 2 SMA N 7 Purworejo. Sementara juara 3 diraih oleh Anang Prasetyo, siswa kelas 9A SMP N 1 Purworejo.

    Ketua Panitia, Angga Kurniawan, mengatakan, kompetisi diikuti sebanyak 30 peserta dari kalangan pelajar SMP dan SMA sederajat, mahasiswa, serta umum. Secara teknis, perlombaan berlangsung dalam dua babak, yakni babak penyisihan 10 besar pada hari pertama dan babak final pada hari berikutnya. Untuk melakukan penilaian, panitia melibatkan sejumlah juri kompeten di bidangnya, yakni Basuki MPd dosen Prodi PBI UMP, Yosef Arie Setyawan praktisi stand up dari Komunitas Stand Up Comedy Purworejo, dan Eko Sutopo dari unsur jurnalis.  “Materi stand up masing-masing peserta dibatasi pada tema pers/wartawan, berita, dan kepenulisan,” ucapnya usai menyerahkan penghargaan kepada pemenang.

    Ketua UKM Jurnalistik Sinar Surya UMP, Dwi Nugroho, menjelaskan, Kompetisi Stand Up Comedy merupakan salah satu upaya mendekatkan masyarakat dengan dunia jurnalistik melalui kegiatan yang mendidik dan menyenangkan. Kegiatan bertajuk “Tuliskan idemu, angkat mic-mu” ini sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

    “Ini baru kali pertama diadakan dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari pelajar serta sponsor. Jika didukung oleh pihak kampus, kegiatan serupa akan kami gelar kembali pada tahun-tahun selanjutnya,” jelasnya.

    Sementara itu, Rektor UMP Supriyono MPd melalui Pembina UKM Jurnalistik Andrian Nuriza Johan MPd, menyatakan apresiasinya terhadap terobosan yang digagas oleh mahasiswa tersebut. Menurutnya, upaya peningkatan masyarakat terhadap dunia jurnalistik harus dapat dilakukan dengan beragam cara sesuai dengan perkembangan zaman.

    “Stand up comedy merupakan terobosan dan inovasi yang menarik untuk mengajak masyarakat, khususnya pelajar dan masiswa, lebih mengenal dunia jurnalistik. Kompetisi ini sekaligus menjadi wahana berlatih bagi komika pemula untuk menuju kompetisi yang lebih tinggi,” ungkapnya. (baj)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top