• Berita Terkini

    Saturday, February 13, 2016

    Hadapi Tuntutan Jaman, Pramuka Harus Lebih Membumi

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (Pusdiklat) Indrakila Kwarcab Kebumen, berharap dunia pramuka akan terus  berjaya di kabupaten berslogan Beriman ini. Salah satunya dengan membumikan pramuka.

    Pramuka merupakan pendidikan karakter terbaik. Jika pramuka telah membumi, maka akan muncul generasi yang lebih baik dan lebih berkarakter. Upaya yang dilakukan Pusdiklat adalah mendorong semua program yang telah direncanakan agar benar-benar dapat terealisasi dengan baik.

    Selain itu manajemen administrasi Pusdiklat juga harus tertib. Biodata pengurus, surat kesanggupan, berita acara dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) harus ada pada setiap kegiatan. Ini penting untuk dilaksanakan, mengingat kedepan kegiatan yang akan dilaksanakan Pusdiklat akan tergolong padat. “Saya minta kita semua tertib dalam administrasi,” tutur Ketua Pusdilklatcab Indrakila Jaka waluya  SPd MPd saat memimpin Rapat Kerja (Raker) Pusdilatcab di Sanggar Pramuka Kwarcab Kebumen, Jumat (12/2/2016).

    Menurutnya, dari hasil rapat tersebut akan langsung disampaikan kepada Ketua Kwarcab Kebumen H Adi Pandoyo SH MSi. Jika program tersebut disetujui maka akan direalisasikan sesuai schedule/jadwal yang akan telah disepakati bersama. “Ya nanti hasilnya akan kita sampaikan langsung kepada ketua,” katanya.

    Sekretaris Pusdiklat Indrakila Kwarcab Kebumen Musbikhin SPdI mengatakan untuk dapat menciptakan generasi yang handal, serta cakap dalam menghadapi setiap tantangan zaman, maka setiap pembina harus mempunyai pandangan dan wawasan yang luas. Selain itu pramuka juga harus mampu berevolusi untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman.

    Dijelaskannya, pesatnya kemajuan teknologi, telah memaksa manusia untuk terus berkompetisi di segala bidang. Maka dari itu pembina pramuka juga harus senantiasa membekali diri dengan banyak ilmu, strategi dan inovasi-inovasi. Termasuk pengembangan diri dan potensi yang berhubungan dengan kepanduan. “Dengan berevolusi dan menjadi modern maka pramuka tidak akan dipandang kuno dan ketinggalan zaman,” paparnya.

    Dalam rekor tersebut terdapat beberapa rencana kegiatan yang akan menjadi agenda Pusdiklat Kwarcab Kebumen priode 2015/2021 ini. Adapun beberapa program tersebut diantaranya  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KML).

    Selain itu ada juga program Kursus Pelatih  Pembina Lanjutan Tingkat Dasar (KPD) Kursus Pelatih  Pembina Lanjutan Tingkat Lanjut (KPL), Karang Pamitran, Penyegaran Pelatih, Orientasi Mabi, Pengembangan diklat bagi anggota dewasa (Pentakola),Workshop dan Recruit. “Ini rencana kegiatan yang akan kita lakukan, mudah-mudahan semuanya dapat direalisasikan dengan baik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top