• Berita Terkini

    Sunday, February 21, 2016

    Guru Dilatih Produksi Video Budaya

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk mendorong kemajuan pendidikan dalam rangka meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan guru, Roemah Marta Tilaar  (RMT) Gombong melaksanakan pelatihan pengembangan profesional melalui pengenalan teknologi IOS dari Apple Company.
     
    Pelatihan pendidikan itu dilaksanakan berkat kerja sama Roemah Marta Tilaar  dan Ikatan Alumni Indiana University USA. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari Sabtu-Minggu (20-21/2)  di aula Wulan Tilaar dengan mengundang pebicara Anne Julieta ,  Anton Trimono, dan Yohanes Mangitung  dari Ikatan Alumni Indiana University USA.

    Marketing and Communication Roemah Martha Tilaar Alona Novensa mengatakan pelatihan kali ini mengacu pada salah satu empat pilar Roemah Marta Tilaar Gombong  yatu Beauty Education (pendidikan). Dalam pelatihan kali ini mengambil tema Bangsa Cerdas, Cerdas bercerita.

    Lebih lanjut Alona menjelaskan, negara Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau dan lebih dari 300 bahasa daerah. Selain itu, Indonesia juga memiliki begitu banyak cerita. Ironisnya tidak banyak dari satu daerah mengenal bahasa maupun budaya dari daerah lainnya. ”Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang dibuatnya pelatihan tersebut,” tuturnya.

    Sebelum membuat video tentang budaya lanjut Alone,  para peserta  terlebih dahulu diajari dasar pembuatan cerita. Pembuatan cerita harus memenuhi lima unsur penting diantaranya  karakter, setting, plot, konflik, serta resolusi.  “Peserta akan membuat video tentang budaya dari tiap daerah, ini untuk mengenalkan budaya tersebut kepada dunia,” katanya sembari mengatakan, peserta diajak langsung ke nara sumber untuk wawancarai, mengambil gambar, sampai pembuatan film menggunakan perangkat berlogo apel tersebut.

    Sementara itu Deputi Roemah Marta Tilaar Gombong Sigit Tri Prabowo mengatakan, Roemah Marta Tilaar akan terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian Martha Handana pemilik industri kosmetik Sari Ayu kepada Kebupaten Kebumen.

    Semua kegiatan yang dilakukan oleh Roemah Marta Tilar bertumpu pada empat pilar Martha Tilaar Group. Diantaranya Beauty Green (lingkungan), Beauty Culture (seni budaya), Beauty Education (pendidikan) dan Empowering Women (pemberdayaan wanita). (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top