• Berita Terkini

    Wednesday, February 24, 2016

    Eceng Gondok Sungai Rowo Dibersihkan

    Sertu Macfud For EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Untuk kembali menormalkan aliran air di Sungai Rowo yang berada di Desa Rowosari Kecamatan Bonorowo, anggota TNI berserta ratusan warga  bekerjasama membersihkan enceng gondok yang berada di sungai tersebut, Selasa (23/2/2016).

    Kegiatan itu juga melibatkan anggota Polsek Bonorowo, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI Polri (FKPPI), serta siswa SMK Darul Maksum dan SMP 1 Bonorowo. Adapun jumlah personil yang ikut membersihkan diantaraanya, warga Desa Rowosari 100 orang,  dari TNI baik Kodim 0709 Kebumen maupun Posramil Bonorowo 50 orang dan anak sekolah terdapat 40 siswa. Sedangkan dari FKPPI 15 orang. Peserta pun antusias mengikuti kegiatan tersebut.

    Hadir Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Priyo Sambodo, Camat Bonorowo Gigih Basoka Jadi, Kapolsek Bonorowo AKP M Fadoli, dan Kades Rowosari Teguh Wiyono. Mereka bersama-sama membersihkan enceng gondok dengan cara mencebur ke sungai. Ribuan tumbuhan yang mengganggu aliran sungai itu dicacah menggunakan sabit. Selanjutnya enceng gondok dialirkan ke arah selatan menuju laut dengan menggunakan bambu.


    Dandim Priyo berharap kegiatan tersebut mampu menumbuhkan semangat baru dalam menjalin persatuan dan kesatuan. Di samping itu, menumbuhkan ketahanan nasional serta kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Karya bakti dalam rangka gerakan nasional Indonesia bersih itu juga sebagai wahana menumbuhkan kemanunggalan TNI-Rakyat. "Inilah ruh kemanunggalan TNI-Rakyat," tegas Dandim Priyo yang baru menjabat di Kebumen tersebut.

    Camat Bonorowo Gigih Basoka Jadi menambahkan, kegiatan tersebut juga dalam rangka menyokong upaya ketahanan pangan. Apalagi Bonorowo rawan banjir. Dengan pembersihan eceng gondok di Sungai Rowo, maka antisipasi banjir bisa dilakukan lebih dini. Di samping itu juga memperlancar irigasi. Mengingat, seluas 120 hektare sawah di wilayahnya dialiri irigasi Sungai Rowo. "Kami berterima kasih kepada Kodim karena selalu melakukan pendampingan pertanian. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini hasil produksi padi meningkat," jelasnya.

    Sementara itu Kepala Desa Rowosari Teguh Wiyono menjelaskan, keberadaan eceng gondok sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan hewan ternak maupun bahan baku kerajinan. Pihaknya pun sudah mulai melakukannya dengan mengolah eceng gondok menjadi pakan itik. Hanya saja masih butuh bantuan dari pihak terkait mengenai pengolahan dan perlatannya. "Eceng gondok di Sungai Rowo sangat melimpah dan memiliki potensi untuk dimanfaatkan," imbuhnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top