• Berita Terkini

    Sunday, February 14, 2016

    Anggota Pramuka SMAN 1 Kebumen Bersih-bersih Pasar

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebagai implementasi dari Dasa Dahma diantaranya cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta rela menolong dan tabah, maka Pradana Putra Scout Adi Dharma Sakti Pangkalan SMA Negeri 1 (SMANSA) Kebumen melaksanakan bersih Pasar Tumenggungan. Kegiatan bakti sosial tersebut sedikitnya melibatkan 375 anggota pramuka siswa SMANSA, Sabtu (13/2/2016).

    Pada pagi yang cerah itu, para anggota praja muda karana (Pramuka) tersebut, telah berkumpul di area Pasar Tumenggungan. Mereka yang dipersenjatai dengan sapu dan serok sampah pun cekatan membersihkan berbagai macam sampah yang ada di halaman dan lahan parkir pasar. Alhasil area pasar yang semula kotor karena sampah dari pasar pagi, seketika itupun bersih.

    Ketua Pradana Putra Scout Adi Dharma Sakti Panggalan SMA Negeri 1 Kebumen Adi Nurcahyo mengatakan kegiatan bernama Adisa Fun Day ini dilaksanakan sesuai dengan program kerja Dewan Ambalan Ccout Adi Dharma Sakti Tahun 2015/2016. Adisa Fun Day dilaksanakan guna menggalakkan Messanger of Peace (MOP). Lebih lanjut, Adi  menjelaskan jika program MOP tersebut merupakan kegiatan untuk menyelesaikan masalah baik itu dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

    “Kalau di sekolah tentunya mengenai kenyamanan dan keberhasilan proses mengajar. Sedangkan di luar sekolah ya peduli lingkungan,” tuturnya sembari mengatakan selain bersih-bersih sampah, pada kesempatan itu anggota pramuka juga membagikan-bagikan sembako dan tas yang merupakan hasil karya para siswa itu sendiri.

    Kepala UPT Pasar Wilayah II Suhaji menyambut baik aksi simpatik para anggota Pramuka. Menurutnya para anggota pramuka, selain membersihkan pasar mereka juga membawa peralatan sendiri. Hal ini berbeda dari organisasi atau instansi yang telah beberapa kali melakukan bersih-bersih pasar.  “Kita sangat senang jika ada lembaga, instansi atau organisasi yang mau melakukan kegiatan bersih-bersih pasar. Namun sebaiknya mereka juga membawa peralatan sendiri,” ungkapnya.

    Jika para peserta tidak membawa peralatan sendiri, pihak UPT Pasar akan kesulitan untuk mencarikan peralatannya. Karena terkadang peralatan bersih-bersih yang ada di pasar Tumenggungan tidak sebanding dengan jumlah peserta yang akan melaksanakan bersih-bersih. “Jika mereka membawa alat sendiri seperti apa yang dilakukan oleh para anggota pramuka ini, maka kita sangat berterima kasih,” paparnya.
    Sementara itu Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Kebumen Dea Clara Ninda berharap, akan semakin banyak peserta yang mengikuti kegiatan semacam itu.  Ke depan, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi kepada setiap gugus depan (Gudep). “Sebenarnya dari kemarin sosialisasi sudah kita lakukan, namun tampaknya belum banyak yang terketuk untuk ikut,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top