• Berita Terkini

    Saturday, January 23, 2016

    Warga Alian Sepakat Beri Sanksi bagi Penangkap Ikan dengan Racun dan Setrum

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Tiga desa di Kecamatan Alian yang berada di aliran Sungai Bakung, sepakat untuk tidak melakukan pencarian ikan dengan menggunakan setrum dan racun.  Tiga Desa tersebut diantaranya Jatimulyo, Karangkembang dan Seliling Kecamatan Alian.

    Warga telah sepakat, siapa pun yang mencari ikan dengan setrum dan racun di sungai Bakung akan dikenakan sanksi, baik denda ataupun pidana. “Desa Tanuharjo juga dilewati sungai Bakung, maka sebaiknya ikut bersama-sama kami untuk memelihara sungai Bakung dengan dari kerusakan,” tutur  Penyuluh Perikanan Swadaya  Wachidun Kusniyanto (44) saat sosialisasi Undang-undang Perikanan di Desa Tanuharjo Kecamatan Alian, Jumat (22/1/2016).

    Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Desa Tanuharjo H Supangat, perwakilan Polsek Alian Aiptu Parijo dan Bripka Saptanto. Selain itu sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh anggota Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) sungai Bakung Ridwan.

    Menurut Wachidun, sanksi berat menunggu mereka yang menangkap ikan dengan setrum dan racun. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004, penangkap ikan dengan setrum dan racun diancam denda Rp 1 miliar. “Saya berharap pelarangan mencari ikan menggunakan setrum dan racun dibuat Perdes,” katanya.

    Kepala Desa Tanuharjo H Supangat mengatakan, pihaknya sangat setuju dengan adanya larangan menggunakan racun dan setrum dalam mencari ikan. Dengan demikian pihaknya dalam waktu dekat juga akan membuat Perdes. “Pada sosialisasi kali ini semua warga setuju untuk tidak mencari ikan dengan cara yang dilarang, maka dalam waktu dekat akan dibuatkan Perdes,” paparnya.

    H Supangat menambahkan,  dengan selalu menjaga alam diharapkan akan tercipta kesehatan dan kemakmuran bagi warga. Jika penangkapan  ikan dilakukan dengan benar maka ikan di aliran sungai tidak akan habis, karena bibit ikan tidak akan ikut mati. “Jika kita memperlakukan alam dengan baik, maka alam juga akan memberikan apa yang kita butuhkan,” ucapnya.  (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top