• Berita Terkini

    Tuesday, January 12, 2016

    Siswa SMP Negeri 1 Buluspesantren Unjuk Kebolehan di Bidang Seni

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Siswa kelas IX SMP Negeri  1 Buluspesantren, Selasa (11/1/2016) antusias mengikuti kegiatan rutin tahunan berupa pagelaran seni dan budaya. Saat siswa kelas IX melaksanakan pagelaran seni dan budaya, siswa kelas VII dan VIII memberi penilaian apresiasi secara tertulis.

    Para siswa kelas IX SMP Negeri 1 Buluspesantren pun berusaha tampil dengan maksimal diatas panggung. Mereka terlihat penuh penghayatan saat menampilkan nyanyian dan tarian. Selain itu dalam pagelaran seni tersebut juga dilaksanakan pameran karya para siswa.  Beberapa karya diantaranya kerajinan tangan, lukisan dan lain sebagainya.
    Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Buluspesantren Slamet Nur Kholis SSI MPd melalui Guru mata pelajaran (Mapel) Kesenian sekolah tersebut Wiyono SPd mengatakan pelaksanaan pagelaran seni tersebut semuanya dilaksanakan oleh siswa.

    Siswa sendiri yang merancang, membuat proposal hingga pelaksanaan. Pagelaran seni tersebut dilaksanakan mulai tanggal  11-14 Januari 2015. “Di SMP Negeri 1 Buluspesantren jumlah kelas IX ada  8 kelas. Setiap hari dua kelas tampil dalam pagelaran seni ini ,” tuturnya.

    Lebih lanjut Wiyono menjelaskan, dalam pentas seni tersebut setiap kelas akan menampilkan berbagai hiburan yang berkaitan dengan seni, seperti tari dan lagu. Pentas seni dilaksanakan guna menyalurkan minat bakan para siswa terutama di bidang seni. Pasalnya dengan melaksanakan penyaluran seni maka otak kanan dan kiri akan bekerja secara seimbang. “Kali ini kita juga mengundang siswa SD se Kecamatan Buluspesantren, untuk menonton pagelaran seni tersebut,” katanya.

    Wiyono menambahkan pagelaran seni tersebut juga merupakan penerapan dari Kurikulum 2013. Dimana pelajaran yang diajarkan oleh Pagelaran musik juga berfungsi media komunikasi, media ekspresi diri, dan media apresiasi. “Dengan mengundang para siswa SD untuk menonton,  maka hal ini merupakan pengenalan seni dan budaya kepada anak sejak dini,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top