• Berita Terkini

    Tuesday, January 26, 2016

    Sikapi Isu Pendidikan, DPK Eks Kedu Siapkan Rekomendasi

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota (DPK) se Eks Karesidenan Kedu tengah menyusun rekomendasi untuk menyikapi pro dan kontra lima hari sekolah. Nantinya, rekomendasi itu akan disampaikan kepada pemerintah.

    Hal itu mengemuka pada pertemuan rutin tiga bulanan DPK seEks Karesidenan Kedu yang digelar SMK Bina Nusantara (Bintara), Kebumen, Minggu (24/1/2016). Hadir kemarin, DPK Kebumen, DPK Purworejo, DPK Temanggung, DPK Wonosobo, DPK Magelang dan DP Kota Magelang. Hadir juga Koordinator DPK Eks Karesidenan Kedu Prof Dr Soekarno MSi.

    Ketua DPK Kebumen, Drs Sugiarto MM mengatakan ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan rutin tersebut. Baik terkait regulasi maupun mekanisme pendidikan. Salah satunya, soal pelaksanaan lima hari sekolah yang saat ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.  "Ada banyak kelebihan dan kelemahan terkait dengan sistem pendidikan lima hari sekolah.  Jika memang baik maka tentunya akan diteruskan, namun jika memang kurang efektif akan direkomendasikan untuk dihentikan," ujarnya.

    Selain membahas soal lima hari sekolah, DPK juga melakukan kajian mendalam terhadap UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang salah satunya mengatur pengalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota  ke Pemerintah Provinsi (Pemprov).  "Pada pelimpahan tersebut tentunya akan berdampak pada perubahan porsi anggaran. Baik yang telah disiapkan oleh kabupaten/kota maupun provinsi," ujar Sugiarto.

    Ditambahkan, dalam waktu dekat, DPK akan segera menyampaikan hasil pembahasan soal kedua isu penting tersebut. "Saat ini tengah dilakukan pembahasan mendalam. Beberapa poin pembahasan tentang rekomendasi, akan dibahas pada pertemuan tiga bulanan Dewan Pendidikan Eks Keresidenan Kedu mendatang di Magelang. Hasilnya
    akan dituangkan dalam rekomendasi untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," ujar Sugiarto.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top