• Berita Terkini

    Monday, January 18, 2016

    Rusa Penghuni Alian Butterfly Park Melahirkan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Kabar menggembirakan datang dari obyek wisata (obwis) Alian Butterfly Park. Kali ini, bukan soal kupu-kupu melainkan tentang kelahiran seekor anak rusa mungil yang kini menjadi penghuni baru obwis yang beralamat di Desa Krakal Kecamatan Alian tersebut.

    Bayi rusa itu lahir pada Jumat (15/1/2016) dari induknya yang dikenal sebagai Rusa Bawean (Axis kuhlii). Oleh pengelola Alian Butterfly Park, bayi rusa tersebut diberi nama Bombi.

    Menurut Direktur Butterfly Park Wahyu Karyono (44), selain kupu-kupu sejumlah hewan lain memang ada di Alian Butterfly Park. Salah satunya rusa Bawean yang memiliki nama latin Axis kuhlii. "Rusa Bawean tersebut didapatnya dari  pihak Pengelola Pariwisata Jembangan (Kecamatan Poncowarno,red) sekitar 8 bulan yang lalu. Setelah dua bulan di Alian Butterfly Park  rusa tersebut hamil. Masa kehamilan rusa berkisar selama enam bulan," jelas Karyono (44), Senin (18/1/2016).

    Dijelaskan, Rusa Bawean merupakan binatang langka yang sangat sulit untuk dikembangbiakan. Oleh sebab itu, kelahiran Bombi sangat disyukuri oleh  Karyono. “Kelahiran ini menunjukan keberhasilan kita dalam menangkarkan Rusa Bawean,”katanya.

    Dengan kelahiran Bombi, kini Alian Butterfly Park  mempunyai empat ekor rusa. Tiga diantaranya rusa jantan termasuk bombi dan satu rusa betina. Selain rusa, Alian Butterfly Park juga terdapat burung Cendrawasih serta Lebah apis cerana dan trigona.

    Keberadaan hewan-hewan itu diharapkan memperkaya koleksi Alian Butterfly Park yang selama ini identik dengan kupu-kupu.  “Selain itu dalam waktu dekat, akan ada penambahan kancil dan luwak,” ucapnya. (mam/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top