• Berita Terkini

    Rabu, 27 Januari 2016

    Rumah Sakit Swasta Baru Layani Purworejo Utara

    agung/ekspres
    PURWOREJO--Rumah layanan kesehatan di Purworejo bertambah seiring peresmian Rumah Sakit Islam (RSI) Purworejo di Desa Loano, Kecamatan Loano oleh Pj Bupati Purworejo Agus Utomo, Selasa (26/1). Rumah sakit ini memperkerjakan tenaga kerja dari sekitar Loano dan melyani masyarakat di Purworejo bagian utara dan sekitarnya.

    Hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekda Purworejo, Kepala Dinas Instansi terkait, Muspika Loano, tokoh masyarakat dan pemuka agama, serta Ketua Organisasi Kesehatan se Kabupaten Purworejo. Turut hadir sebagai tamu undangan Bupati Purworejo terpilih Agus Bastian.

    Pj Bupati Purworejo, H Agus Utomo SSos, dalam sambutannya mengatakan kesehatan menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting. Menurutnya dalam memberikan pelayanan kesehatan, yang paling penting adalah tidak membedakan golongan tertentu, semua golongan harus mendapat pelayanan kesehatan yang sama.

    “Yang penting adalah pelayanan tidak membedakan siapa itu orangnya, walaupun rumah sakit islam, bukan berarti yang berobat disini non islam tidak boleh, tentu semuanya boleh berobat disini,” katanya.

    Pj Bupati juga mengatakan tentang standar pelayanan, dimana perlu adanya suatu monitoring dan advokasi agar keberadaan rumah sakit dapat memenuhi syarat dan memberi manfaat. Dan yang tidak kalah penting, tentang tuntutan pelayanan kegawat daruratan adalah ketersediaan darah.

    “Lakukan koordinasi terus dengan dengan Dinas Kesehatan maupun rumah sakit yang ada, karena menurut data, angka kesakitan yang cukup tinggi adalah terkait dengan angka kematian ibu dan bayi. Harus bisa membangun hubungan relasi dengan PMI,” tandasnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr H Kuswantoro MKes, menjelaskan, sebagai rumah sakit bertipe D, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh RSI Purworejo. Yakni, pelayanan medik, pelayanan kefarmasian, pelayanan keperawatan dan kebidanan, pelayanan penunjang klinik, pelayanan penunjang non klinik, dan pelayanan rawat inap. Pihaknya berharap, pelayanan-pelayanan tersebut dapat terus dikembangkan. Selain itu juga diperlukan peningkatan SDM, sehingga klasifikasi rumah sakit dapat naik.

    Sementara itu, Direktur RSI Purworejo, dr. Ulfah Hidayati, pihaknya berharap, RSI Purworejo dapat membantu pemerintah daerah dibidang kesehatan dengan bermitra dengan rumah sakit yang sudah ada, dan bertekad menjadi rumah sakit swasta pilihan masyarakat Kabupaten Purworejo dan sekitarnya, dengan pelayanan yang profesional dan Islami. (baj)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top