• Berita Terkini

    Wednesday, January 27, 2016

    Pramuwisata Yogyakarta Datangi Obyek Wisata Purworejo

    agung/ekspres
    PURWOREJO--Lebih dari seratus pesepeda motor mendatangi beberapa destinasi wisata di Kabupaten Purworejo, Selasa (26/1). Terhimpun dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jogja Tourist Guide Rider (Jaguar), kedatangan mereka diharapkan akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Purworejo.

    Kepala Bidang Pariwisata Diskoperindagpar Purworejo Lilos Anggorowati melalui Dyah Woro, Kasi Promosi dan Obyek Wisata mengatakan keanggotaan HPI Jaguar meliputi pemandu wisata (guide), biro wisata, restoran dan hotel di Provinsi Yogyakarta. Selama ini, mereka melakukan perjalanan bersama ke obyek-obyek wisata, utamanya di wilayah DIY.

    "Dan melakukan kunjungan ke Purworejo ini adalah yang pertama kali bagi mereka memasuki wilayah Provinsi Jawa Tengah," ujar Woro di sela-sela kegiatan.

    Menurut Woro, kegiatan itu disponsori pihaknya yang dimaksudkan untuk mengenalkan obyek-obyek wisata di Purworejo yang tak kalah menarik dengan wilayah lain. Adapun obyek wisata yang dikunjungi dalam kesempatan itu antara lain Gua Seplawan Desa Donorejo untuk menikmati susur gua dan panorama Yogyakarta dari gardu pandang, air terjun Curug Siklotok dan Taman Sidandang serta Rumah Budaya di Desa Kaligono, kecamatan Kaligesing. Dan menutup rangkaian kegiatan, HPI Jaguar diajak menikmati sunset di Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi.

    "Tidak mudah untuk mengajak mereka datang kesini. Karena kita butuh waktu lebih dari satu tahun untuk mengagendakan kegiatan ini. Karena banyak trip-trip yang telah mereka susun," tambah Woro.

    Ditambahkan, animo anggota HPI Jaguar untuk mendatangi Purworejo cukup tinggi. Dalam kegiatan rutin, biasanya tidak lebih dari seratus orang saja yang berpartisipasi. "Tapi saat akan ke Purworejo, animonya amat tinggi. Dari batas 190 orang peserta, ada banyak peserta yang terpaksa tidak bisa ikut karena terbatasnya kuota yang diberikan," imbuh Woro.

    Pj Bupati Purworejo Agus Utomo yang diwakili Suhartini, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pariwisata Purworejo turut menerima rombongan saat berada di Rumah Budaya Desa Kaligono. Dalam kesempatan itu, Suhartini berharap kedatangan HPI Jaguar akan banyak membantu upaya promosi wisata Purworejo.

    "Purworejo amat dekat dengan Yogyakarta, dan kita memiliki obyek-obyek wisata unggulan yang amat menarik dan layak dijadikan tujuan wisata. Untuk itu, kami berharap kedatangan ini akan sangat membantu kami dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata," ujar Suhartini. (baj)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top