• Berita Terkini

    Tuesday, January 12, 2016

    Mau Nikmati Sunrise Yahud? Datang ke Tempat ini

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen memang memiliki berjuta pesona yang sangat menawan. Banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi. Menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis yang bisa dinikmati dari segala penjuru. Salah satu lokasi baru yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan panorama adalah Puncak Hud. Tempat ini menjadi lokasi ideal untuk menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit di Kabupaten Kebumen.

    Sebuah bukit luar biasa itu  secara administratif masuk dalam wilayah Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Lokasi yang berada tepat di atas obyek wisata Pantai Karangbolong itu mulai banyak dikunjungi wisatawan.

    Mereka rela mendaki area pegunungan hanya untuk sekedar menikmati hamparan laut selatan dari ketinggian. Terutama para pemburu "Like" di media sosial. Tempat ini pun menjadi lokasi yang sangat strategis untuk berselfi ria.

    Tak hanya menikmati keindahan Samudra Indonesia, Puncak Hud juga menyuguhkan pemandangan Pantai Suwuk dari ketinggian. Kemewahan obyek wisata yang saat ini menjadi andalan Pemkab Kebumen terlihat lebih indah dan nyata dari tempat ini. Hamparan sawah, di sisi utara Pantai Suwuk, alur Daerah Aliran Sungai (DAS) Telomoyo.

    Disisi utara perkampungan dan hamparan pegunungan yang masuk  wilayah Kawasan Karst Gombong Selatan. Dua gunung kembar, Sindoro dan Sumbing juga tampak sangat jelas terlihat disisi timur laut.

    Salah satu pengunjung asal Klirong, Jefri (19), mengaku baru pertama kali melihat lokasi sangat strategis untuk melihat sunrise di Kabupaten Kebumen. "Ini bagus banget, obyeknya beragam. Ada laut, pantai, ada sawah, sungai, pegunungan sampai pemukiman. Nggak nyesel capai-capai naik gunung," tuturnya yang datang bersama dua temannya, Minggu (10/1).

    Namun, Jefri mengeluhkan masih sulitnya akses untuk menuju bukit tersebut. Dia berharap pemerintah membuka akses jalan yang memadai ke lokasi yang mulai digandrungi oleh wisatawan tersebut.

    Kepala Desa Karangbolong Sobirin, mengatakan pihaknya memang berencana membuka tempat tersebut menjadi obyek wisata baru. Saat ini, pihaknya mulai memperbaiki akses jalan ke Puncak Hud. "Akhir bulan ini akses sudah bisa dilewati dengan mudah," kata Sobirin, kepada Kebumen Ekspres, Minggu (10/1).

    Tak hanya Puncak Hud, pemerintah desa setempat bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari juga bakal mengembangan lokasi lain yang masih dalam satu kawasan dengan Puncak Hud. "Yang kami tawarkan ada Bukit Gendera, Goa Lawet Asli, Pantai Pamuran, Goa Dahar," imbuhnya.

    Sobirin meminta maaf kepada wisatawan yang selama  ini sudah mulai berkunjung atas keterbatasan fasilitas. "Segera akan kami lengkapi, Insya Allah nanti aksesnya lebih mudah," tegasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top