• Berita Terkini

    Senin, 04 Januari 2016

    Kebumen Targetkan Kembali Masuk Muri Pelunasan PBB Tercepat

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen kembali menargetkan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tercepat. Demi rekor tersebut, sejumlah desa di Kota Beriman berlomba melunasi PBB.

    Salah satu desa yang telah lunas diantaranya Desa Renterejo, Kecamatan Klirong, Desa Purwosari Kecamatan Puring dan delapan desa di Kecamatan Buluspesantren serta beberapa desa lainnya. Di Desa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren pembayaran PBB dilaksanakan dalam waktu sehari, Minggu (3/1). Kegitaan tersebut dilaksanakan guna mendukung program pemerintah kembali mendapatkan rekor Muri PBB tercepat tahun 2016.

    PJ Kepala Saebani SE mengatakan, ternyata warga juga antusias untuk membayar PBB, hal ini dibuktikan dengan aktifnya warga dalam ikut mensukseskan program tersebut. Teknisnya sebelum dilakukan kegiatan pembayaran PBB serentak pemerintah desa terlebih dahulu melakukan sosialisasi. Pembayaran PBB dilakukan melalui kadus masing-masing.  “ Untuk  Desa Ayamputih pagunya Rp 76.735.235 juta,”  katanya.

    Dijelaskannya dengan adanya tertib pajak, maka merupakan bentuk pembelajaran disiplin warga. Lebih lanjut Saebani mengatakan, jika pajak merupakan pendapatan negara yang akan digunakan untuk pembangunan. Uang pajak yang telah terkumpul oleh negara nantinya juga akan kembali diturunkan kemasyarakat. “Uang pajak juga akan kembali kepada kita, tentunya melalui program pembangunan,” jelasnya.

    Camat Buluspesantren Sunarno SH mengatakan, di Kecamatan Buluspesantren terdapat delapan desa yang sudah lunas PBB. Beberapa desa tersebut diantarnya, Desa Ayamputih, Bocor, Banjurmukadan, Arjiwinangun, Sangubanyu, Indrosari, Tanjungsari dan Tambakrejo. Selain delapan desa tersebut, desa lainnya akan lunas PBB pada Bulan April. “Kita juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah antusiass membayar pajak. Mudah mudahan  ini akan menjadi contoh bagi desa lainnya,” ungkapnya.
    Sementara itu, pelunasan pajak sehari juga dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Purwosari Kecamatan  Puring,  Sabtu (1/1) . Untuk membuat warga semangat, bagi 325 Pembayar PBB tercepat akan mendapatkan doorprize berupa bibit durian montong. Bibit tersebut merupakan hibah dari warga penjual bibit durian montong H Taufiq.

    Kepala Desa Purwosari Kecamatan Puring Solehudin SPd mengatakan, warga sangat antusiasn dengan doorprize tersebut. Terbukti warga sudah anti membayar sejak pukul 06.00 WIB, padahal jadwal pembayaran dimulai pada pukul 08.00 WIB. “Saya juga mengucapkan  terima kasih kepada masyarakat dan kepada H Taufiq pengusaha bibit di www.jualdurianmontong.com,” tuturnya.

    Camat Puring Suyitno S Sos mengucapkan terima kasih baik kepada masyarakat maupun pemerintah desa yang telah berupaya untuk mensukseskan pembayaran PBB. Beberapa desa di Kecamatan Puring yang telah lunas diantaranya Desa Purwosari, Krandegan dan Pasuruhan. “Mari kita bersama-sama mensukseskan pajak,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top