• Berita Terkini

    Friday, January 29, 2016

    Jerman Minati Gula Kelapa Purworejo

    AGUNG/EKSPRES
    PURWOREJO--Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo berencana memasarkan gula kelapa cetak dan gula semut produksi anggotanya ke negara Jerman. Ekspor perdana melalui perusahaan kemitraan direncanakan dilakukan dalam waktu dekat ini.

    Kabar itu disampaikan General Manager Kopwan Srikandi Hanggoro Susanto saat ditemui di kantornya, kemarin. "Kerjasama kemitraan ini kami lakukan karena Kopwan Srikandi belum memenuhi syarat sebagai eksportir," ujar Hanggoro.

    Meski demikian, lanjut Hanggoro, berbagai persyaratan seperti SIUP, PIRT, sertifikat halal, hak paten, SNI dan lainnya sudah mulai dilengkapi.

    Sementara itu Ketua Kopwan Srikandi Sri Susilowati SE saat menerima rombongan Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di pendopo rumah dinas bupati setempat juga menandaskan bahwa gula cetak dan gula semut produk koperasi ini diminati pasar Jerman. “Ekspor tahap awal sekitar lima ton senilai antara  Rp 500 juta-Rp 600 juta,” jelasnya.

    Dikatakan, Kopwan Srikandi yang anggotanya sudah mencapai ratusan orang dan tersebar di berbagai pedesaan di Purworejo ini fokus pada produk olahan yang dihasilkan dari kelapa. Diantaranya gula cetak, gula semut, VCO atau minyak kelapa murni dan gula cair.

    Pada kesempatan itu Sekertaris Komisi B DPRD Jateng Messy Widiastuti mengapresiasi keberanian Kopwan Srikandi merambah pasar eksport dan berharap agar Pemkab Purworejo ikut mendukung dengan melindungi dari persaingan investor asing.

    “Kami sangat mengapresiasi keberanian Kopwan ini untuk menjamah pasar luar negeri. Tapi pemkab juga harus melindungi. Jangan sampai ada investor asing yang membikin pabrik serupa di Purworejo dan memproduksi hasil olahan kelapa,” paparnya.(baj)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top