• Berita Terkini

    Tuesday, January 12, 2016

    Eksplorasi Potensi Wisata, Pejabat di Kebumen Lakukan Ekspedisi

    SUDARNO AHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN  (kebumenekspres.com) - Hampir seluruh pejabat papan atas di Pemkab Kebumen, mengikuti kegiatan eksplore wisata bertajuk Ekspedisi Kebumen, di wilayah Kecamatan Ayah,  baru-baru ini. Ekspedisi Kebumen dipimpin langsung Sekda Adi Pandoyo, itu obyek-obyek wisata baru yang mulai naik daun.

    Kegiatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 250 peserta, yang terdiri atas staf hingga level pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Kebumen. Ekpedisi perdana ini mengeksplore kawasan pesisir selatan Kecamatan Ayah.

    Tim ekspedisi dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menelusuri kawasan Pantai Pasir, Pantai Lampon, Goa Wora Wari, Curug Grojokan, kemudian menapaki Tanjung Karang Pengantin.

    Kemudian tim kedua, menempuh jalur Desa Srati hingga Karangduwur. Mulai di kaki Bukit Silayur, Pantai Pecaron, Pantai Menganti, Bukit Sigatel meliputi Pantai Karangbata dan Gua Hitam. Sementara tim ketiga melakukan caving ke Goa Barat dan menikmati indahnya Curug Leses di Desa Candirenggo, hingga melakukan jelajah ke hutan Mangrove di kawasan Pantai Logending.

      Ketiga tim yang sudah melakukan eksplorasi sejumlah destinasi wisata itu, kemudian berkumpul di Pantai Pedalen, Desa Argopeni. Masing-masing koordinator tim menyampaikan paparan mengenai kesan, pesan dan berbagai persoalan yang ditemukan di kawasan tersebut.

    Masih belum memadainya infrastruktur menuju lokasi wisata, mendominasi persoalan yang ditemukan tim ekspedisi. Selain itu, pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan wisata penting dilakukan.

    Sekda Adi Pandoyo mengakui melibatkan seluruh SKPD untuk mensingkronkan program terkait kepariwisataan. Termasuk bagaimana pemberdayaan masyarakat di sekitar objek wisata. Jadi sektor wisata di desa yang sekarang sedang menggeliat akan didorong dengan berbagai program secara terpadu.

    Tujuan Wisata Terkait dengan pengembangan wisata di pedesaan, imbuh Adi Pandoyo, Pemkab Kebumen akan membebaskan desa untuk berinovasi. Tugas Pemkab Kebumen tinggal mendorong dengan program dan kegiatan yang ada.

    Pemkab Kebumen secara serius menyiapkan Kebumen menjadi tujuan wisata setelah bandara udara pindah di Kulonprogo dan jalur jalan lintas selatan (JJLS) selesai dibangun. Dari hasil ekspedisi tersebut, akan dibuat rekomendasi yang akan disampaikan kepada bupati terpilih, terutama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).  "Kami akan siapkan visi dan misi bupati terpilih yang akan dilantik dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

    Melalui ekspedisi itu, Adi Pandoyo ingin level pimpinan SKPD dan jajarannya tahu langsung bahwa Kebumen memiliki potensi wisata yang luar biasa. "Jadi mereka akan bisa bercerita kepada dunia luar, dan tahu persis program apa yang akan diberikan kepada daerah tersebut," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top