• Berita Terkini

    Sunday, January 24, 2016

    Catut Nama Kapolres, Coba Tipu Pejabat di Kebumen

    POLRESKEBUMEN
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pergantian pucuk pimpinan Polres Kebumen dari AKBP Faizal SIK MH ke AKBP Alpen SH SIK MH, kembali dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Modus yang digunakan pun sama. Pelaku mencatut nama Kapolres kemudian mengirim pesan singkat atau SMS dengan menyebut Kapolres tengah membutuhkan bantuan dana untuk berbagai kegiatan.

    Teror SMS dengan menggunakan nomor 08111614777 ini sempat dikirim ke sejumlah pejabat dan pengusaha di Kebumen. Seperti Dandim Kebumen dan sejumlah pejabat Pemda. Kalangan pengusaha pun tak luput dari sasaran SMS bodong tersebut. Beruntung, tak satupun dari mereka yang termakan tipuan tersebut.

    "Ini jelas-jelas penipuan, tolong jangan ditanggapi jika ada telepon, SMS maupun BlackBerry Messenger (BBM) yang meminta untuk mentransfer uang dengan mengatasnamakan pejabat Polres Kebumen," tandas Kapolres Alpen kepada Ekspres, Minggu (24/1/2016) petang.

    Menurut Kapolres, modus penipuan seperti ini marak terjadi saat ada momentum pergantian pucuk pimpinan instansi, termasuk sertijab Kapolres. Untuk itu, dia meminta minta masyarakat agar waspada dan tidak mudah percaya.

    Ditambahkannya, SMS penipuan tersebut mulai beredar tak lama setelah sertijab Kapolres Kebumen. Pelaku, lanjut dia, mengirim SMS dengan isi "Salam kenal dan horman kam sekeluarga, dari Kapolres Kebumen". Di SMS itu, pelaku juga meminta sejumlah uang dengan menyertakan nomor rekening.

    Apabila terjadi permintaan semacam itu, Kapolres kembali menegaskan agar jangan memenuhi permintaan tersebut. Warga bisa mencatat nomor handphone (HP) pelaku dan melaporkannya ke pihak kepolisian."Apabila instansi pemerintah daerah (pemda), pelaku usaha, serta masyarakat menerima sms atau telepon yang mengatasnamakan Kapolres Kebumen maupun pejabat lainnya agar segera menghubungi kantor polisi terdekat atau langsung menghubungi Polres Kebumen," imbuhnya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top