• Berita Terkini

    Monday, January 25, 2016

    Berharap Pengurus Kwarcab Baru Bikin Pramuka Lebih Maju

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Kepengurusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen yang baru diharapkan semakin  menggairahkan dunia kepramukaan di Kebumen. Muaranya, Gerakan Pramuka di kota Beriman akan semakin maju.

    Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia malam ulang janji ke 9 Racana Soekarno RA Kartini 264-265 IAINU Kebumen Muhammad Didi Hidayat. Dia juga berharap kedepan kepengurusan Kwarcab yang baru dapat bekerjasama dengan Racana IANU untuk lebih memajukan Pramuka di tingkat Kampus. “Kita berharap pengurus yang baru dapat lebih meningkatkan gairah kepramukaan di Kebumen,” tuturnya kepada Ekspres di sela-sela acara, Sabtu (23/1) malam.

    Dijelaskannya malam ulang janji merupakan salah satu kegiatan tahunan pramuka. Di malam tersebut para anggota melakukan evaluasi terkait kegiatan yang telah dilaksanakan dalam satu tahun ke belakang. Evaluasi tersebut dapat digunakan untuk menentukan program-program yang akan dilaksanakan di tahun mendatang. “Kegiatan ini penting untuk instropeksi para anggota Racana IANU Kebumen,” katanya.

    Selain renungan lanjutnya, dalam acara malam ulang janji juga dilaksanakan berbagai kegiatan hiburan budaya. Mulai tari-tarian, menyanyi hingga berbagai atraksi yang dilakukan oleh para anggota Racana IANU Kebumen. Kegiatan malam ulang janji juga bermanfaat untuk meningkatkan kembali gairah kepramukaan di lingkungan Kampus IANU Kebumen. “Kita harus terus mengembangakan apa yang telah diperjuangkan oleh kakak-kakak kita dalam memajukan pramuka,” paparnya.

    Sementara itu, salah satu Purna Racana IANU Kebumen yang tidak lain adalah Sekretaris  Pusdiklat Indrakila Kwarcab Kebumen Musbikhin SPd menyambut baik kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan oleh Racana IAINU Kebumen. Di usia ke 9 ini diharapkan para anggota para anggota pramuka dapat mengimplementasikan  Dasa Darma  pada laku kehidupan. “Dalam pramuka kita belajar pendidikan karakter. Maka semua isi Dasa Darma pramuka adalah tentang pendidikan karakter,” katanya.

    Disinggung mengenai kejasama dengan Racana, Musbikhin mengatakan sudah menjadi kewajiban bagi setiap kwarcab untuk melakukan pembinaan dan mengembankan serta memajukan kepramukaan di wilayahnya masing-masing. Kendati demikian kerjasama dapat berjalan dengan baik jika kedua belah pihak mempunyai komitmen sama. “Kita semua juga mempunyai harapan yang sama,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top