• Berita Terkini

    Friday, January 29, 2016

    Ada Trabas, Besok, Car Free Day Diliburkan

    SUDARNOAHMAD/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) yang biasanya digelar setiap Minggu pagi di seputaran Alun-alun Kebumen, besok pagi Minggu (31/1) ditiadakan. Kebijakan Pemkab Kebumen tersebut menyusul di hari yang sama akan digelar acara trabas Kebumen One Day Enduro (Kode) seri-2 yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-80 Kabupaten Kebumen.

    Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Masagus Herunoto, mengatakan keputusan tersebut diambil pada Jumat (29/1/2016) pagi. Surat edaran tentang libutnya Car Free Day yang ditandatangani oleh Sekda Adi Pandoyo, juga sudah disebarkan.  Hal itu dilakukan menyusul jumlah peserta acara trabas tingkat nasional tersebut mencapai lima ribu orang lebih. "Sementara karena pesertanya sangat banyak, untuk sementara Car Free Day diliburkan," kata Masagus Herunoto, saat dihubungi kebumenekspres.com, Jumat (29/1/2016).

    Ia menjelaskan, meski diliburkan masyarakat yang akan beraktifitas di seputar Alun-alun masih bisa dilakukan seperti biasa. Hanya saja, seputar Alun-alun Kebumen tidak ditutup dari kendaraan bermotor. "Yang mau olah raga ya tetap masih bisa, yang berjualan juga tetap bisa dilakukan. Cuma memang Alun-alun tidak disterilkan dari kendaraan bermotor," tegasnya seraya  menambahkan, Car Free Day akan efektif kembali pada Minggu depan 7 Februari 2016.

    Penasehat Kode #2 Teuku Erry Rubihamsyah, memprediksi penumpukan kendaraan di seputar Alun-alun Kebumen tidak dapat terhindarkan pada gelaran 31 Januari besok. Termasuk kegiatan Car Free Day di Alun-alun Kebumen, dipastikan bakal terganggu.  "Mohon maaf kepada warga Kebumen, dengan ketidaknyamanan nanti. Sepanjang jalur yang akan dilewati pasti terganggu kebisingan dan kepadatan motor tamu kita. Karena jumlah peserta yang sangat banyak," kata Erry.

    Pada prinsipnya, lanjutnya, pihaknya tidak ingin mengganggu kenyamanan warga Kabupaten Kebumen tetapi juga tidak ingin mengecewakan peserta yang datang dari penjuru tanah air. "Sekali lagi kami menyampaikan permohonan maaf," pungkasnya.

    Sementara itu, jumlah peserta Kode #2 yang sudang mendaftar telah mencapai 5.000 orang.  Tak hanya dari Kabupaten Kebumen, peserta yang telah mendaftar berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Palembang, Jambi, Bali, Tangerang, Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahkan ada peserta dari Malaysia, Singapura, hingga Vietnam.

    Panitia telah menyediakan hadiah menarik pada ajang tersebut, yaitu dua unit motor Husqvarna, dua unit mobil Daihatsu Ayla. Selain itu, 15 unit motor matic, serta doorprize lainnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top