• Berita Terkini

    Minggu, 13 Desember 2015

    Desa Pejengkolan dan Pandanlor Juara Nasional

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Prestasi membanggakan diraih dua desa di Kabupaten Kebumen, masing-masing Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso dan Desa Pandanlor Kecamatan Klirong. Kedua desa tersebut berhasil meraih juara pertama tingkat nasional pada lomba Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif dan Pemberdayaan Masyarakat serta lomba Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

    Atas keberhasilannya, keduanya mendapat penghargaan berupa piala dan piagam yang diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal RI H Marwan Ja'far SE SH MM MSi, kepada Kepala Desa Pejengkolan Muslimah, dan KPMD Desa Pandanlor Ikhsanuddin pada Rapat Koordinasi Nasional Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta tanggal 2 Desember lalu. Turut mendampingi keduanya, Kepala Bapermades Kabupaten Kebumen H Amirudin SIP MM.

    Juara pertama pada lomba Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif dan Pemberdayaan Masyarakat pun membuat Kepala Desa Pejengkolan Muslimah terharu. Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kebumen dan Camat Padureso serta semua pihak yang mendukung terwujudnya Desa Pejengkolan menjadi lebih baik.

    Kepala Desa Pandanlor Kecamatan Klirong Ikhsanuddin sendiri mengaku tidak menyangka desanya dapat meraih juara nasional  pada lomba Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif dan Pemberdayaan Masyarakat serta lomba Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

    Sebab, apa yang dilakukan untuk Desa Pandanlor selama ini merupakan bagian dari tugas dan kewajiban masyarakat untuk memikirkan desanya. "Memang sekarang Desa Pandanlor cukup memiliki kemajuan terutama dalam hal pelibatan masyarakat dalam membangun dan keterbukaan informasi publik melalui sistem informasi desa yang menjadi tugasnya,"tuturnya kepada kebumenekspres.com.

    Di samping mendapatkan piagam penghargaan dan piala, Desa Pandanlor juga dijadikan lokasi pengambilan film (shooting) film berjudul "Desa Membangun Indonesia" oleh Kementerian Desa.

    Sementara itu, Dewan Presidium Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen Yusuf Murtiono mengucapkan selama dan sukses atas dua penghargaan yang telah diraih Kebumen. Menurutnya, penghargaan tersebut akan memperteguh Kebumen sebagai pusat pembelajaran gerakan desa membangun yang telah dirintis lama. "Karena setiap bicara desa, Kebumen selalu menjadi garda terdepan terjadinya pembaharuan. Tentunya menjadi tugas berat ke depan, baik bagi para KPMD, pemerintah desa, masyarakat desa, kecamatan maupun kabupaten untuk menjaga dan mempertahankan prestasi yang sudah diraih," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top